Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI NARITA HOTEL SURABAYA
Perkembangan jumlah hotel di Surabaya yang sangat pesat dan terjadinya
peningkatan fungsi hotel membuat penyedia jasa perhotelan dituntut untuk
mengenali perilaku pelanggan untuk kemudian menyesuaikan kemampuan
perusahaan dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Narita
Hotel Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Narita Hotel Surabaya
yang memakai jasa dari pihak hotel tersebut yang jumlahnya tidak terbatas (tidak
bisa ditentukan). Sedangkan sampel penelitian terdiri dari 80 responden dan
dipilih menggunakan teknik accidental sampling yaitu orang yang minimal telah 2
(dua) kali menginap yang secara kebetulan (Accidental) bertemu dengan peneliti.
Tingkat koefisien determinasi (R
2
) antara variabel kualitas pelayanan dan fasilitas
dengan kepuasan pelanggan yang menginap di Narita Hotel Surabaya memiliki
hubungan yang cukup erat.
Berdasarkan penelitian ini bahwa pengujian hipotesis antara variabel
kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh signifikan dan positif terhadap
kepuasan pelanggan di Narita Hotel Surabaya. Hasil ini mengindikasikan bahwa
semakin baik kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan perusahaan akan
meningkatkan kepuasan pelanggan yang menginap di Narita Hotel Surabaya.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, Fasilitas dan Kepuasan Pelanggan
1S142609 | M14/609 Yun p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain