Text
PENERAPAN STRATEGI BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PUSKESMAS BANGKINGAN, SURABAYA)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengukuran kinerja Puskesmas Bangkingan, Surabaya jika diukur dengan metode Balanced Scorecard yang mempertimbangkan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena penelitian ini tidak bertujuan tidak bertujuan untuk membuktikan hipotesis, tetapi memahami dan menganalisis Balanced Scorecard sebagai alat untuk mengukur kinerja Puskesmas Bangkingan, dan analisis data teknik yang digunakan adalah deskripttif kualitatif karena dapat memberikan penjelasan dengan membandingkan data yang diperoleh selama penelitian dengan teori yang ada. Data yang diperoleh merupakan sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara melakukan dokumentasi,wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengukuran kinerja menggunakan metode Balanced Scorecard di Puskesmas Bangkingan, Surabaya dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pendapatan dan realisasi anggaran yang mampu diolah secara efisien menunjukkan kinerja keuangan yang baik, pada perspektif pelanggan ada kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan dan number of complaint adalah sudah cukup baik, dalam hal perspektif bisnis internal inovsi, dan pelayanan yang dibuat oleh Puskesmas Bangkingan Surabaya sudah cukup baik, terbukti dari selalu adanya alat-alat baru untuk mempermudah layanan kesehatan, dan dalam perspektif pembelajaran dan petumbuhan menunjukkan bahwa Puskesmas mampu mempertahankan karyawannya, meningkatkan produktifitas karyawan, dan meningkatkan kualitas pelayanan karyawan dengan diadakannya pelatihan-pelatihan. Dari simpulan diatas, penulis menyarankan sebaiknya Puskesmas Bangkingan Surabaya mulai menerapkan metode Balanced Scorecard karena Balanced Scorecard tidak hanya berfungsi sebagai pengukur kinerja Puskesmas, namun Balanced Scorecard juga bisa digunakan peningkatan kinerja manajemen demi kelangsungan kegiatan operasional Puskesmas dan bisa semakin lebih baik lagi.
Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pelanggan, Perspektif Keuangan.
1S142426 | A14/426 Nov p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain