Text
FAKTOR- FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PERDANA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Underpricing adalah fenomena yang umum dan sering terjadi di pasar
modal manapun saat emiten melakukan IPO. Underpricing adalah adanya selisih
positif antara harga saham di pasar sekunder dengan harga saham di pasar perdana
atau saat IPO. Selisih harga inilah yang dikenal sebagai initial return (IR) atau
positif return bagi investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
reputasi underwriter, umur perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas yang
diproksikan dengan ROA, dan kondisi pasar yang diproksikan dengan IHSG
terhadap tingkat underpricing saham perdana perusahaan non keuangan yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2012.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear
berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan non
keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian diseleksi
dengan menggunakan metode purposive sampling yang kemudian diperoleh
sebanyak 65 perusahaan.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hanya variabel ukuran
perusahaan yang berpengaruh terhadap tingkat underpricing saham, sedangkan
variabel reputasi underwriter, umur perusahaan, ROA, dan IHSG tidak
berpengaruh terhadap tingkat underpricing saham.
Kata Kunci: Underpricing, Reputasi Underwriter, Umur Perusahaan, Ukuran
Perusahaan, ROA dan IHSG.
1S142384 | A14/384 Nin F - c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain