Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN DI PT. JNE SURABAYA
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor–faktor yang
mempengaruhi kepuasan pelanggan di PT JNE Surabaya. Populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa pengiriman barang pada
PT JNE Surabaya, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai Barlett Test of Sphericity
(BTS) dengan nilai signifikan sebesar 0,003. Ini menunjukkan bahwa matriks
korelasi terdapat hubungan antara variabel-variabel dalam populasi. Hal ini juga
didukung dengan nilai Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) sebesar 0,584 yang artinya
secara statistik analisa faktor signifikan untuk menganalisa matriks korelasi
tersebut. Nilai cumulative varians sebesar 63,725 % mengindikasikan bahwa
penelitian mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan
pelanggan atas pelayanan jasa pengiriman pada PT JNE Surabaya sebesar 64,793
%. Dari hasil analisis faktor, ternyata dari 20 variabel diringkas menjadi 10
variabel berdasarkan nilai eigen yang lebih besar dari 1 dengan nilai non
redundant test sebesar 0,48 atau 48% menunjukkan model yang digunakan tidak
berubah setelah dirotasi, sehingga model analisis yang terbentuk semakin baik.
Kata kunci : Kepuasan Pelanggan, Nilai KMO, Nilai Eigen Value, Non Redudant,
dan Faktor Baru
1S142337 | M14/337 Eli a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain