Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PARADISE DINASTY RESTO DI SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty, baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen pada Paradise Dinasty Resto di Surabaya. Data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner untuk 100 orang konsumen Paradise Dinasty Resto, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda yang diuji dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil dari pengujian model regresi dengan uji Kelayakan Model diketahui bahwa keseluruhan variabel tangible/Bukti Fisik (BF1), reliability/Kehandalan (K2), responsiveness/Daya Tanggap (DT3), assurance/Jaminan (J4) dan emphaty/Empati (E5), memberikan pengaruh simultan yang signifikan terhadap kepuasan konsumen yakni 2,447 dengan signifikasi 0,014. Sedangkan hasil uji t diketahui bahwa semua variabel tangible/Bukti Fisik (BF1), reliability/Kehandalan (K2), responsiveness/Daya Tanggap (DT3), assurance/Jaminan (J4) dan emphaty/Empati (E5) secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (KK), karena nilai t hitung > t tabel, yaitu t hitung variabel tangible/Bukti Fisik (BF1), reliability/Kehandalan (K2), responsiveness/Daya Tanggap (DT3), assurance/Jaminan (J4) dan emphaty/Empati (E5) berturut-turut 1,849, 2,469, 2,640, 1,800, 1,753 semuanya lebih besar dari t tabel yaitu 1,660. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas layanan yang di tunjukkan oleh variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty secara bersama – sama terhadap kepuasan konsumen di Paradise Dinasty Resto Surabaya baik secara simultan maupun parsial dan ada pengaruh dominan yang signifikan responsiveness terhadap kepuasan konsumen di Paradise Dinasty Resto Surabaya.
Kata Kunci: Dimensi Kualitas layanan, Kepuasan konsumen
1S142324 | M14/324 Usn p - c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain