Text
PENGARUH KUALITAS MERK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MOTOR YAMAHA V- IXION PADA PT. SURYA TIMUR SAKTI JATIM DI SURABAYA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas
merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Pada PT. Surya
Timur Sakti Jatim di Surabaya. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah
konsumen yang membeli sepeda motor Yamaha di PT. Surya Timur Sakti Jatim di
Surabaya dengan teknik pengambilan sampel random sampling, dan jumlah
sampel sebanyak 100 orang. Adapun Teknik analisa yang digunakan adalah
analisa regresi berganda.
Hasil pengujian secara simultan menunjukkan pengaruh variabel kualitas
merek dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan
adalah signifikan. Hasil ini mengindikasikan bahwa naik turunnya kepuasan
pelanggan ketika membeli motor Yamaha V-ixion pada PT. Surya Timur Sakti
Jatim di Surabaya ditentukan oleh seberapa baik kualitas merek yang ditawarkan
serta kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumen. hasil ini
didukung dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 58,7% yang menunjukkan
korelasi atau hubungan antara kualitas merek dan kualitas pelayanan secara
simultan keputusan pembelian memiliki hubungan yang cukup erat.
Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa kualitas merek dan
kualitas pelayanan masing-masing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Hal ini di karenakan motor Yamaha V-ixion memiliki
Teknologi Injection dan berkapasitas 150cc yang disukai oleh konsumen.
Disamping itu juga pada dealer tersebut memberikan training secara berkala
kepada karyawanya.
Kata Kunci : Kualitas Merek, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
1S142376 | M14/376 Moc p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain