Text
JIRA EVALUASI PENERAPAN PRINSIP PENANDING (MATCHING PRINCIPLE) DALAM MENUNJSNG KEWAJARAN PENYAJIAN LAPORAN LABA RUGI PERIODIK PADA PT.MEGATRANS BUANA SAMUDRA DI SURABAYA
ABSTRACT
The purpose of the research to determine the application of the method of revenue recognition
and measurement as well as the matchind principle to the income statement on PT. Megatrans Buana
Samudra in Surabaya. This research uses descriptive qualitative research with a case study approach.
From these results, the measurement of income using historical cost based on the fair value of the
consideration received or to be received in cash and cash equivalents. The company uses the accrual
method recognize income that recognize revenue when services are rendered to customers. Application
of the matching principle applied by the company using a causal relationship, the revenue that would
be obtained due to a cost of using the accrual basis method has the right, while the cash basis method
the company will experience overstate/understate earnings.
Keyword: Income Measurement, Income Recognition, Matching Principle.
ABSTRAK
Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode pengakuan dan pengukuran
pendapatan serta matching principle terhadap laporan laba rugi pada PT. Megatrans Buana
Samudra di Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil penelitian ini, pengukuran pendapatan
menggunakan cost historis yang berdasarkan nilai wajar imbalan yang diterima atau yang
akan diterima dalam bentuk kas dan setara kas. Perusahaan menggunakan metode accrual
basis dalam mengakui pendapatan yaitu mengakui pendapatan ketika jasa diberikan kepada
pelanggan. Penerapan matching principle yang diterapkan oleh perusahaan menggunakan
hubungan sebab akibat, suatu pendapatan yang yang akan didapat karena adanya suatu
biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan tersebut. Untuk menanding suatu
pendapatan dengan biaya menggunakan metode accrual basis telah tepat, sedangkan metode
cash basis perusahaan akan mengalami overstate/understate laba.
Kata kunci: pengukuran, pengakuan, matching principle
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain