Text
ANALISIS PROFITABILITAS SEBELUM DAN SESUDAH MENERIMA SERTIFIKASI ISO 9001:2000 PADA PERUSAHAAN JASA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis perbedaan tingkat profitabilitas sebelum dan sesudah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000. Populasi penelitian ini adalah perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan memperoleh sertifikasi periode tahun 2000-2008. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dimana terdapat 18 perusahaan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari perpustakaan GIKA, pusat data dan informasi tentang BEI serta diperoleh dari situs internet. Periode ISO yang digunakan adalah dua tahun sebelum dan dua tahun sesudah memperoleh sertifikasi ISO. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Return On Equity, Return On Investment, Net Profit Margin, Gross Profit Margin, Sales Growth dan Kenaikan Laba Bersih. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis statistik dimana sebelum melakukan uji statistik terhadap hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas untuk menentukan alat uji hipotesis. Bila hasil pengujian normalitas menghasilkan penyebaran yang normal dari rasio-rasio profitabilitas maka terhadap rasio tersebut digunakan uji beda t sampel berpasangan. Namun bila hasil pengujian normalitas menghasilkan penyebaran yang tidak normal maka terhadap rasio tersebut dilakukan transformasi data ke SQRT. Pengujian-pengujian tersebut dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows 19. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap Return On Equity, Return On Investment, Sales Growth dan Kenaikan Laba Bersih sebelum dan sesudah memperoleh ISO 9001:2000. Hal ini mengisyaratkan bahwa perusahaan dapat memanfaatkan sistem manajemen mutu ISO untuk peningkatan efisiensi perusahaan dalam pengelolaan aset, modal dan strategi pemasaran yang baik untuk meningkatkan laba perusahaan secara maksimal. Namun untuk rasio Net Profit Margin dan Gross Profit Margin tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000. Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan tidak dapat memanfaatkan sistem manajemen mutu ISO dalam menetapkan kebijakan biaya penjualan dan harga produk serta mengontrol kegiatan operasional dengan baik. Beberapa alasan yang menyebabkan sertifikasi ISO tidak berpengaruh diantaranya adalah jangka waktu yang singkat sehingga tidak cukup menilai adanya pengaruh terhadap profitabilitas, faktor budaya dimana implementasi Quality Management System dapat merubah orientasi budaya dalam suatu organisasi menuju budaya kualitas. Selain itu faktor kondisi ekonomi dan politik yang berbeda-beda tiap tahun akan berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan dimana perusahaan-perusahaan yang dijadikan sampel pada penelitian ini memperoleh sertifikasi ISO di tahun yang berbeda.
xvii
Kata kunci : ISO 9001:2000, Profitabilitas, Return On Equity, Return On Invest- ment, Net Profit Margin, Sales Growth dan Kenaikan Laba Bersih
1S122062 | A-12/062 Ang a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain