Text
PENERAPAN AUDIT MANAJEMEN FUNGSI DISTRIBUSI UNTUK MENILAI KUALITAS KERJA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan audit manajemen fungsi distribusi untuk menilai kualitas kerja pada Perusahaan Daerah Air Minum Surabaya dan untuk menemukan kendala atau masalah yang dapat mengahambat kinerja yang kemudian dilakukan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas kualitas kerja karyawan bagian Distribusi. Bagian distribusi difokuskan pada: pemasangan baru, TDA atau air kecil, keluhan kebocoran pipa, keluhan air keruh, pelaksanaan meterisasi dan pelaksanaan PE Nisasi.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember sampai dengan April 2012 di Perusahaan Daerah Air Minum Surabaya yang terletak di Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 3 Surabaya. Telepon: (031) 5039373.
Metode pemecahan masalah yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu dengan cara menggunakan metode analisis kualitatif. Disini penulis melakukan penelitian secara langsung, yaitu dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi yang sesuai dengan kebutuhan penulis sebagai landasan peranan audit manajemen untuk menilai kualitas kerja bagian Distribusi Timur.
Berdasarkan hasil audit manejemen kualitas kerja karyawan bagian Distribusi dapat dikategorikan baik, namun terdapat kekurangan dan kelemahan, yaitu pada pemasangan baru terdapat temuan kelemahan terjadinya tekanan air yang tidak seimbang; pada TDA atau air kecil terdapat temuan kelemahan terjadi tersumbatnya saluran pada sambungan rumah; pada kebocoran pipa terdapat temuan kelemahan terjadinya pipa penghubung SR yang digunakan terbuat dari galvanis sehingga mudah keropos; pada keluhan air keruh terdapat temuan kelemahan terjadinya sistem jaringan pipa lama yang membutuhkan pembenahan dan pemeliharaan; salah perhitungan pada meterisasi terdapat temuan kelemahan terjadinya angka meteran yang tidak valid pada rumah tangga.
Untuk itu diharapkan pada karyawan PDAM khususnya bagian Distribusi Timur untuk melaksanakan pemenuhan sarana dan prasarana yang dapat meningkatkan hasil kinerja; diharapkan melakukan survey terlebih dahulu sebelum melakukan galian untuk pemasangan pipa baru; diharapkan untuk menghimbau kepada masyarakat agar lebih perhatian terhadap pipa air karena dapat menyumbat keluarnya air keruh pada setiap rumah; diharapkan lebih aktif lagi dalam melakukan meterisasi tanpa melihat kondisi atau umur ekonomis pipa yang sedang digunakan; diharapkan mengevaluasi hasil kerja karyawan demi kelancaran kualitas kerja perusahaan dan karyawan dapat dengan kesadaran pribadinya, untuk mereview kembali hasil kerja yang telah dilakukannya.
Kata Kunci : Audit Manajemen, Fungsi Sumber Daya Manusia, Penilaian Kualitas Kerja
1S122298 | A-12/298 Ang p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain