Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PENUMPANG DI BANDARA JUANDA DALAM MEMBELI TIKET MASKAPAI PENERBANGAN CITILINK
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa
(7P) yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, proses, orang serta bukti fisik
terhadap keputusan penumpang di bandara juanda dalam membeli tiket maskapai
Citilink. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penumpang yang berada di
area Bandara Juanda yang sedang menunggu terbang atau baru saja mendarat
melalui Bandara Juanda menggunakan Citilink dengan jumlah sampel total 100
penumpang yang berada di bandara Juanda. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitafif dengan menggunakan sumber data primer yaitu kuisioner disebar ke
penumpang yang masuk kategori sampel penelitian. Teknik analisis yang
digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda dengan diolah
menggunakan software komputer SPSS versi 16. Hasil uji reliabilitas menunjukkan
reliabel.Dari hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh dari masing-masing
variabel yang digunakan sebagai model penelitian terhadap keputusan pembelian
pada maskapai Citilink. Namun diantara hasil analisis menunjukkan bahwa produk,
harga, tempat, promosi, orang dan proses tidak memberikan pengaruh yang
signifikan. Hanya bukti fisik yang memiliki yang pengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian konsumen terhadap maskapai penerbangan Citilink.
Kata kunci: bauran pemasaran jasa, Citilink, Bandara, dan Keputusan
Pembelian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain