Text
PENGARUH ATMOSFER TOKO, PROMOSI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MATAHARI TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh atmosfer
toko, promosi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode kausal
komparatif.
Pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan
pengambilan sampel dilakukan pada 100 orang pelanggan Matahari Tunjungan Plaza
Surabaya. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner dan metode analisa
data dengan analisis regresi linier berganda. Untuk mengetahui keputusan pembelian
dapat diukur dengan variabel atmosfer toko, promosi, dan pelayanan. Obyek
penelitian ini adalah Matahari Tunjungan Plaza Surabaya.
Hasil yang diperoleh dari perhitungan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,545
atau 54,5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat
diambil simpulan bahwa nilai t hitung atmosfer toko sebesar 3,485 dengan sig 0,001,
nilai t hitung promosi 5,021 dengan sig 0,000, nilai t hitung pelayanan sebesar 3,952
dengan sig 0,000. Nilai sig tersebut < (a) 0,05 sehingga atmosfer toko, promosi dan
pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada
Matahari Tunjungan Plaza Surabaya. Variabel promosi merupakan variabel yang
berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian, terbukti dengan nilai koefisien
determinasi parsial promosi sebesar 0,208 lebih besar dari nilai koefisien determinasi
parsial variabel bebas yang lain.
Kata kunci : Atmosfer Toko, Promosi, Pelayanan, dan Keputusan Pembelian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain