Text
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR KOSMETIK DAN KEPERLUAN RUMAH TANGGA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh dari
stabilitas penjualan, struktur aktiva, profitabilitas, risiko bisnis dan tingkat
pertumbuhan terhadap struktur modal perusahaan kosmetik di Bursa Efek
Indonesia periode tahun 2010-2014. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 4
perusahaan kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014
dengan menggunakan uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan
Uji Hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel stabilitas penjualan
berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, hal ini dikarenakan perusahaan
yang mempunyai penjualan stabil cenderung memilih penggunaan dana eksternal
berupa utang. Variabel struktur aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap
struktur modal artinya perusahaan mampu menggunakan dana internal dalam
kegiatan investasi untuk mengembangkan usaha perusahaan tanpa. Variabel
profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, hal ini dikarenakan
tingkat keuntungan yang tinggi tidak dapat memenuhi kebutuhan dana pada aktiva
tetap sehingga membutuhkan dana eksternal. Variabel risiko bisnis tidak
berpengaruh signifikan terhadap struktur modal artinya risiko bisnis pada
perusahaan tidak dapat menunjukkan secara pasti dalam tingkat pengembalian
aktiva tetap. Variabel tingkat pertumbuhan tidak berpengaruh signifikan artinya
peningkatan biaya produksi dapat dipenuhi oleh dana internal perusahaan tanpa
mengandalkan hutang.
Kata Kunci : stabilitas penjualan, struktur aktiva, profitabilitas, risiko bisnis,
tingkat pertumbuhan, struktur modal
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain