Text
PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK FOOTWEAR YONGKI KOMALADI DI SURABAYA
INTISARI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya produsen alas kaki
yang mulai membanjiri Indonesia. Yongki Komaladi adalah salah satu merek alas
kaki yang keberadaanya turut mendominasi pasar fashion. Ini terbukti dari
eksistensi Yongki Komaladi yang tidak memudar walaupun merek alas kaki lain
ikut mendominasi dan menjadi pesaingnya. Loyalitas dari pelangganlah yang
mempertahankan Yongki Komaladi hingga saat ini tetap eksis. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari harga dan citra merek terhadap
loyalitas pelangga produk footwear Yongki Komaladi.
Harga sebagai jumlah uang yang dibebankan untuk produk atau jasa. Citra
merek adalah persepsi dan keyakinan yang dilakukan oleh konsumen, seperti
tercermin dalam asosiasi yang terjadi dalam memori konsumen. Sampel dalam
penelitian ini adalah pelanggan produk alas kaki Yongki Komaladi sebanyak 98
responden. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil
pengujian hipotetsis secara parsial menunjukkan variabel harga dan citra merek
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk
footwear Yongki Komaladi di Surabaya. Dari pengujian determinasi parsial
diketahui bahwa variabel harga mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalits
pelanggan.
Untuk terus mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan
diharapkan pihak manajemen Yongki Komaladi selalu memperhatikan kebijakan
harga agar dapat diterima oleh pelanggannya.
Kata kunci : Harga, Citra Merek, dan Loyalitas Pelanggan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain