Text
PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS “RUMAH CANTIK ALAMANDA CABANG SURABAYA”)
INTISARI
Persaingan di bidang bisnis saat ini terbilang sangat ketat dan terus berubah seiring dengan
perubahan teknologi dan budaya, perkembangan dunia usaha serta kebutuhan konsumen.Oleh
sebab itu kualitas pelayanan untuk terus ditingkatkan sehingga dapat mencapai kepuasan
pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.Jenis penelitian yang akan digunakan adalah asosiatif
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah
melakukan perawatan di Rumah Cantik Alamanda, sedangkan sampel yang diambil sebanyak
100 konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menyebarkan
kuisioner. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier
berganda.Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan kualitas pelayanan
memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan serta variabel yang berpengaruh dominan
terhadap kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan.Dari hasil penelitian ini diharapkan
pihak manajemen Rumah Cantik Alamanda Surabaya meningkatkan promosi dengan membuat
brosur yang lebih informatif serta meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada
konsumen seperti selalu tanggap dan sigap dalam pemilihan produk sesuai yang diharapkan oleh
konsumen.
Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain