Text
PENGARUH DESAIN KEMASAN, PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI DENGAN SIKAP KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara langsung maupun
secara tidak langsung desain kemasan produk dan persepsi harga terhadap minat
beli dengan sikap konsumen sebagai variabel intervening. Hipotesis pertama
menguji desain kemasan produk secara langsung berpengaruh positif terhadap
minat beli. Hipotesis kedua menguji persepsi harga secara langsung berpengaruh
positif terhadap minat beli. Hipotesis ketiga menguji desain kemasan produk
secara langsung berpengaruh positif terhadap sikap konsumen. Hipotesis keempat
menguji persepsi harga secara langsung berpengaruh positif terhadap sikap
konsumen. Hipotesis kelima menguji desain kemasan produk dan persepsi harga
secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap minat beli, pada saat sikap
kosnumen sebagai variabel intervening.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah menggunakan
produk pengharum ruang dan mobil STELLA (Studi Empiris pada Super Indo di
Jln. Dharma Husada No. 191 Surabaya) sebagai responden. Sampel dalam
penelitian berjumlah 150 responden, penelitian dipilih dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dari hasil responden dan
dianalisis dengan regresi linier, uji kelayakan model, koefisien determinasi, uji t
dan uji analisis jalur (Path Analisys).
Hasil dari penelitian pada uji goodness of fit menunjukkan bahwa secara
keseluruhan desain kemasan produk dan persepsi harga terhadap minat beli
dengan sikap konsumen sebagai variabel intervening, secara langsung maupun
tidak langsung memiliki pengaruh signifikan, sehingga layak untuk digunakan
penelitian selanjutnya. Sedangkan dalam uji analisis jalur (path analisys)
menunjukkan bahwa desain kemasan produk berpengaruh langsung terhadap
minat beli secara positif dan signifikan. Persepsi harga berpengaruh langsung
terhadap minat beli secara positif dan signifikan. Desain kemasan produk
berpengaruh langsung terhadap sikap konsumen secara positif dan signifikan.
Persepsi harga berpengaruh langsung terhadap minat beli secara positif dan
signifikan. Secara langsung pengaruh dimensi kemasan produk dan persepsi harga
terhadap minat beli, serta memiliki pengaruh tidak langsung melalui sikap
konsumen (intervening) beli secara positif dan signifikan.
Kata kunci : Desain Kemasan Produk, Persepsi Harga, Sikap Konsumen dan
Minat Beli.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain