Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh corporate social
responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dan pengaruh corporate social
responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai
variabel moderating. Variabel corporate social responsibility (CSR) diukur
dengan corporate social responsibility disclosure index (CSRDI) berdasarkan
indeks GRI (Global Reporting Initiative) yang terdiri dari enam fokus
pengungkapan yaitu ekonomi, lingkungan, tenaga kerja, hak asasi manusia,
masyarakat, dan produk. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksikan
dengan price book to value (PBV), sedangkan profitabilitas diproksikan dengan
return on equity (ROE).
Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2011-2014 dan dipilih secara purposive
sampling. Terdapat 38 perusahaan sampel dengan periode selama empat tahun,
sehingga diperoleh 152 observasi. Sumber data sekunder dalam penelitian ini
berasal dari Indonesian Capital Market Directory, Pojok Bursa Efek Indonesia,
dan website Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Metode analisis yang
digunakan adalah model regresi linier berganda dengan uji nilai selisih mutlak
untuk menguji pengaruh variabel moderating.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility
(CSR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas sebagai
variabel moderating tidak mampu memoderasi pengaruh corporate social
responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci : Corporate social responsibility (CSR), nilai perusahaan (PBV),
profitabilitas (ROE)
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain