Text
PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh corporate social
responsibility (CSR) terhadap return saham dan pengaruh corporate social
responsibility (CSR) terhadap return saham dengan profitabilitas sebagai
variabel moderating. Variabel corporate social responsibility (CSR) diukur
berdasarkan indeks GRI ( Global Reporting Initiative ) G4 yang terdiri dari 3
fokus yakni ekonomi, lingkungan dan sosial. Profitabilitas dalam penelitian ini
diproksikan dengan return on equity (ROE) dan return saham dihitung dengan
capital gain (loss).
Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2012-2014 dan dipilih secara purposive
sampling. Terdapat 28 perusahaan dengan periode 3 tahun sehingga diperoleh 84
sampel. Penelitian ini mengggunakan data dari Pojok Bursa Efek Indonesia
STIESIA dan website Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan
adalah model regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility
(CSR) tidak berpengaruh postif nilai perusahaan dan profitabilitas sebagai
variabel moderating tidak mampu memoderasi pengaruh corporate social
responsibility (CSR) terhadap return saham.
Kata kunci : CSR, Return On Equity, Return Saham
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain