Text
PENGARUH RASIO CAMEL TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERBANKAN GO PUBLIC DI INDONESIA
Manajemen laba merupakan perilaku oportunitis seorang manajer untuk
mempermainkan angka-angka dalam laporan keuangan sesuai dengan tujuan yang
ingin dicapainya. Rasio keuangan yang digunakan untuk menilai kinerja
perusahaan perbankan umumnya digunakan aspek penilaian menggunakan metode
rasio CAMEL. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh rasio CAMEL
(yakni CAR, RORA, ROA, NPM, dan LDR) terhadap manajemen laba pada
perbankan go public di Indonesia pada tahun 2011 sampai 2013 yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa laporan keuangan
tahunan perbankan selama periode 2011-2013. Sampel penelitian menggunakan
teknik purposive sampling sehingga didapatkan 23 perbankan yang memenuhi
kriteria. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan
rasio CAR, NPM, dan LDR terhadap manajemen laba. Hal ini dikarenakan semakin
tinggi nilai rasio CAR, NPM, dan LDR maka semakin rendah pula motivasi
manajemen untuk melakukan praktik manajemen laba. Sementara rasio RORA dan
ROA berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Hal ini disebabkan karena
semakin rendah nilai RORA dan ROA maka semakin tinggi pula motivasi manajer
untuk melakukan praktik manajemen laba agar kinerjanya tetap terlihat bagus.
Kata kunci : Rasio CAMEL, perbankan, manajemen laba
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain