Text
ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK REKLAME SEBAGAI PENUNJANG PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURABAYA
Salah satu sumber penerimaan daerah adalah melalui penerimaan dari
sektor pajak daerah khususnya pajak reklame yang memiliki peranan penting
untuk menunjang keberhasilan pembangunan daerah. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui laju pertumbuhan pajak reklame, tingkat
efektivitas dari pemungutan pajak reklame, dan kontribusi pajak reklame terhadap
Pendapatan Asli Daerah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu merupakan
penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami
oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-
lain, secara holistik, dan dengan cara deksripsi dalam bentuk kata-kata dan
bahasa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis laju pertumbuhan
pajak reklame, analisis efektivitas penerimaan pajak reklame, serta analisis
kontribusi penerimaan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah. Sumber
data penelitian berasal dari data sekunder berupa data Laporan Realisasi Anggaran
tahun 2010-2014 yang diperoleh dengan teknik studi lapangan, observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pajak reklame di
Kota Surabaya belum optimal dan penerimaannya berfluktuatif. Hal tersebut dapat
terlihat dari laju pertumbuhan pajak reklame selama dalam kurun waktu 5 tahun
terakhir yaitu sejak tahun 2010-2014 hanya memiliki rata-rata sebesar 7,28% yang
berada pada kriteria tidak berhasil, sedangkan dari segi tingkat efektivitas
penerimaan pajak reklame sebesar 90,39% yang berada pada kriteria efektif.
Untuk kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah pada tahun
2010-2014 memiliki rata-rata hanya 4,81% yang berada pada kriteria sangat
kurang.
Kata kunci: Efektivitas, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain