Text
GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Perusahaan BUMN Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)
INTISARI
Pertimbangan dalam pengambilan keputusan, khususnya manajemen
perusahaan, pemegang saham, investor, kreditor, pemasok, konsumen, regulator
(BEI) dan masyarakat mengenai relevansi dari corporate social responsibility
(CSR) dan good corporate governance (GCG) dalam laporan tahunan perusahaan
terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Maka
tujuan dari penelitian ini adalah untuk bermaksud untuk menelaah dan menguji
lebih lanjut mengenai pengaruh CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan. Dalam
penelitian ini penulis mencoba untuk menguji dengan menggunakan data tahun
2010-2014 dengan profitabilitas sebagai variabel intervening.
Populasi dalam penelitian ini perusahaan BUMN Non Keuangan yang go
public yang termasuk dalam pemeringkat CGPI pada tahun 2010 – 2014.
Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling
dengan menggunakan kriteria tertentu sehingga didapatkan sampel sejumlah 20
perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Analisis data yang digunakan adalah
regresi linier berganda untuk mengidentifikasi variabel independen yang
mempengaruhi variabel dependen dan path analysis untuk mendeteksi pengaruh
tidak langsung melalui profitabilitas (ROE).
Hasil tes uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen
menimbulkan dampak yang signifikan terhadap nilai perusahaan melalui
profitabilitas (ROE) sehingga layak untuk digunakan dalam penelitian. Hasil uji
secara langsung maupun tidak langsung menunjukkan variabel corporate social
responsibility (CSR), good corporate governance (GCG) dan profitabilitas
berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Profitabilitas (ROE), Good Corporate Governance (CGPI),
Corporate Social Responsibility (CSR).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain