Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RUMAH SAKIT ISLAM SUR ABAYA JEMURSARI
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap loyalitas pasien, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pasien, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan pasien BPJS sebagai variabel
intervening di Rumah Sakit Islam Jemursari.
Metode pengambilan sampel menggunakan metode non probability
sampling tepatnya menggunakan purposive sampling yaitu memberikan kepada
responden yang memenuhi kriteria. Penentuan jumlah sampel menggunakan
rumus slovin dan didapatkan hasil sebesar 100 responden. Populasi dalam
penelitian ini adalah pasien pengguna BPJS yang ke Rumah Sakit lebih dari
sekali.Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
analisis jalur (path analysis).
Hasil pengujian dengan menggunakan uji goodness of fit menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Loyalitas
Pasien, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan
pasien, kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien,
kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pasien dengan
kepuasan pasien pengguna BPJS sebagai variabel Intervening pada Rumah Sakit
Islam Jemursari Surabaya.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Loyalitas, Kepuasan, BPJS
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain