Text
MODEL PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN PADA PT JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG JAWA TIMUR
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pengukuran kinerja
dengan menggunakan model Balance Scorecard berdasarkan keempat perspektif,
yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan serta
pembelajaran pada PT Jasa Raharja (Persero) cabang Jawa Timur.
Penelitian dilakukan dengan mengambil data selama 3 tahun terakhir, yaitu
tahun 2012 sampai dengan 2014. Data diperoleh melalui studi pustaka, data
primer, dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
perspektif keuangan dengan menggunakan indikator Net Profit Margin, Return
On Asset, dan Revenue Growth Rate cukup baik meskipun terjadi penurunan.
Hasil perspektif pelanggan dengan menggunakan indikator Customer Retention
dan Customer Acquisition cukup baik. Hasil perspektif proses bisnis internal,
menggunakan indikator proses inovasi dan proses pelayanan sangat baik
dikarenakan PT Jasa Raharja (Persero) mampu memanfaatkan peluang dengan
membuat inovasi baru. Hasil perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan
menggunakan indikator Employee Retention dan Employee Satisfaction dinilai
baik.
Dari kesimpulan tersebut diharapkan kinerja dengan menggunakan Balance
Scorecard dapat digunakan sebagai dasar bagi manajemen untuk memperbaiki
kinerja perusahaan agar selaras dengan visi, misi, dan strategi PT Jasa Raharja
(Persero) cabang Jawa Timur.
Kata kunci: Kinerja, Balance Scorecard, Perspektif
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain