Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA ASURANSI AIA FINANCIAL DI SURABAYA
INTISARI
Tujuan dalam penelitian ini mengetahui pengaruh layanan, pengaruh harga, promosi dan
kemampuan karyawan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa asuransi. Populasi
yang digunakan adalah konsumen yang menjadi nasabah asuransi pada perusahaan asuransi AIA
Financial Surabaya.
Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer (dari kuesioner). Teknik
pengambilan sampel yang digunakan sampling aksidental sehingga sampel yang diambil 100 orang.
Adapun teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linier berganda .
Hasil pengujian pengaruh layanan, harga, promosi dan kemampuan karyawan secara
bersama-sama terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa asuransi AIA Financial Surabaya
adalah signifikan. Dengan demikian model yang digunakan layak digunakan dalam penelitian. Hasil
ini didukung dengan perolehan tingkat koefisien korelasi yang menunjukkan bahwa korelasi atau
hubungan antara variabel tersebut terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa asuransi AIA
Financial Surabaya memiliki hubungan yang erat. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel
yang digunakan dalam model penelitian yaitu layanan, harga, promosi dan kemampuan karyawan
masing-masing mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan konsumen
menggunakan jasa asuransi AIA Financial Surabaya. Kondisi ini ditunjukkan dengan tingkat
signifikansi masing-masing variabel tersebut dibawah a = 5%.
Kata Kunci : layanan, harga, promosi, kemampuan karyawan, keputusan konsumen
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain