Text
ANALISIS FAKTOR DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN e-bill DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi
penerimaan dan penggunaan e-bill atau electronic billing dengan menggunakan
pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Konstruk yang digunakan
dalam penelitian ini antara lain persepsi kemudahan penggunaan, persepsi
kegunaan, sikap akan penggunaan, minat perilaku penggunaan, dan penggunaan
senyatanya. Dalam penelitian ini persepsi kemudahan penggunaan dihubungkan
dengan persepsi kegunaan. Persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi
kegunaan akan dihubungkan dengan sikap akan penggunaan. Selanjutnya sikap
akan penggunaan dihubungkan dengan minat perilaku penggunaan. Kemudian
minat perilaku penggunaan tersebut dihubungkan dengan penggunaan senyatanya.
Obyek dalam penelitian ini adalah pelanggan pascabayar kartuHALO
corporate di PT. Telkomsel Surabaya yang menggunakan layanan e-bill.
Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan metode purposive
sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan
kuesioner. Data primer yang dihasilkan sebanyak 254 kuesioner dapat diolah
menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Model) dengan metode
Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan
berpengaruh positif terhadap persepsi kegunaan. Persepsi kemudahan penggunaan
dan persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap sikap akan penggunaan. Sikap
akan penggunaan tidak berpengaruh terhadap minat perilaku penggunaan.
Sedangkan minat perilaku penggunaan juga tidak berpengaruh terhadap
penggunaan senyatanya dalam menggunakan e-bill.
Kata Kunci : e-bill, Technology Acceptance Model, kemudahan penggunaan,
persepsi kegunaan, sikap, minat perilaku , penggunaan nyata
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain