Text
PENERAPAN RELEVAN COST SEBAGAI ALAT BANTU DALAMPENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMPRODUKSI SENDIRI ATAU MEMBELI PADA CV PERDANA 2000 SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Relevan Cost
sebagai alat bantu pengambilan keputusan memproduksi sendiri atau membeli
pada CV. Perdana 2000 Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data sekunder dan data primer.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus analisis kualitatif.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Relevan Cost
untuk pengambilan keputusan memproduksi sendiri atau membeli dalam rangka
memaksimalkan laba yang diperoleh dan meminimalkan resiko yang didapat.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah terjun langsung dengan melihat
kondisi lapangan secara nyata dalam memperoleh sumber data yang akurat.
Penelitian lapangan dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan
observasi kepada staff CV. Perdana 2000 yang ahli dibidangnya.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan biaya relevan, menunjukkan
bahwa CV. Perdana 2000 belum melakukan analisis biaya relevan secara tepat.
Hasil analisis mengenai biaya relevan, khususnya pengambilan keputusan
membeli atau memproduksi sendiri menunjukkan bahwa dari alternatif yang
dilakukan mampu memberikan keuntungan yang berbeda bagi perusahaan.
Berdasarkan hasil analisis keputusan membeli atau memproduksi sendiri
menunjukkan bahwa, keputusan memproduksi sendiri dirasa lebih tepat karena
profit yang dihasilkan lebih tinggi, untuk site Pasar Patok sebesar Rp. 28.184.749,
Kanigoro sebesar Rp. 29.635.191, Pasar Dayu sebesar Rp. 29.635.191. Sedangkan
keputusan membeli, profit yang didapat untuk masing-masing site lebih rendah
sebesar Rp. 17.336.000.
Kata Kunci : Relevan Cost,Pengambilan keputusan membeli atau memproduksi
sendiri, PenerapanRelevan Cost.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain