Text
PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN MOTIF BELANJA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA KARITA SURABAYA
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut produk motif hedonik
motif utilitarian mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Karita
Surabaya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsumen yang
pernah melakukan pembelian sebanyak lebih dari dua kali pada Karita Surabaya.
Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah
sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Teknik analisa yang digunakan
dalam analisa ini adalah metode regresi linier berganda.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa atribut produk berpengaruh
signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen, motif hedonik berpengaruh
signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen, motif utilitarian berpengaruh
signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil koefisien
determinasi parsial menunjukkan bahwa motif utilitarian berpengaruh paling
dominan terhadap loyalitas konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan semakin baik atribut produk yang di berikan
Karita Surabaya, maka akan semakin meningkatkan loyalitas konsumen. Serta
semakin baik motif hedonik yang di berikan Karita Surabaya, maka akan semakin
meningkatkan loyalitas konsumen. Sedangkan semakin baik motif utilitarian yang
di berikan Karita Surabaya, maka akan semakin meningkatkan loyalitas
konsumen.
Kata Kunci : Atribut Produk, Motif Hedonik, Motif Utilitarian, dan Loyalitas
Konsumen
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain