Text
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI PADA 3SECOND CLOTHING STORE
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui celebrity endorser dan brand
image mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh
minat beli. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang
membeli produk di 3Second Clothing Store Sidoarjo yang bertempat di lantai
dasar Suncity Mall Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100
responden. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
analisis jalur (path analysis).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa celebrity endorser terbukti
berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan
brand image tidak terbukti berpengaru signifikan terhadap keputusan pembelian.
Celebrity endorser terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat
beli, dan brand image juga terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap
minat beli. Minat beli berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan
pembelian. Hasil pengujian ini juga menunjukkan besaran pengaruh tidak
langsung celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian
melalui minat beli lebih besar apabila dibandingkan dengan besaran pengaruh
langsung celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: celebrity endorser, brand image, minat beli dan keputusan pembelian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain