Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRODUCT KNOWLEDGE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA BENGKEL MJV AUDIO DAN VARIASI MOBIL)
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan,
product knowledge dan word of mouth secara simultan maupun parsial terhadap
proses pengambilan keputusan pembelian (Studi kasus pada Bengkel MJV audio
dan variasi mobil), serta untuk mengetahui diantara kualitas pelayanan, product
knowledge dan word of mouth yang berpengaruh dominan terhadap proses
pengambilan keputusan pembelian (studi kasus pada Bengkel MJV audio dan
variasi mobil).
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Bengkel MJV Audio dan
Variasi Mobil yang jumlahnya tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dengan sampel sebesar 100 orang. sedangkan
teknik analisa yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil Pengujian secara simultan menunjukkan pengaruh variabel kualitas
pelayanan, product knowledge, word of mouth terhadap proses pengambilan
keputusan pembelian (Studi kasus pada Bengkel MJV audio dan variasi mobil)
adalah signifikan. Hasil ini di dukung dengan perolehan koefisien korelasi sebesar
0,779 atau 77,9% yang menunjukan hubungan antara variabel bebas secara
bersama-sama terhadap proses pengambilan keputusan pembelian (studi kasus
pada Bengkel MJV audio dan variasi mobil) memiliki hubungan yang erat.
Sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel bebas
yang terdiri dari kualitas pelayanan, product knowledge dan word of mouth
masing-masing berpengaruh signifikan dan positif terhadap proses pengambilan
keputusan pembelian (studi kasus pada Bengkel MJV audio dan variasi mobil).
Hasil ini ditunjukkan dengan perolehan tingkat signifikansi dari masing-masing
variabel tersebut dibawah a=5%.
Dari uji koefisien determinasi parsial dapat disimpulkan bahwa variabel yang
berpengaruh dominan terhadap proses pengambilan keputusan pembelian (studi
kasus pada Bengkel MJV audio dan variasi mobil) adalah kualitas pelayanan
karena mempunyai hasil koefisien determinasi parsialnya paling besar yaitu
12,1% dibandingkan variabel bebas lainnya.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Product Knowledge, Word of Mouth, Proses
Pengambilan Keputusan Pembelian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain