Text
PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MELALUI EMOSI POSITIF PELANGGAN VANS STORE SURABAYA
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belanja hedonis
mempunyai pengaruh langsung terhadap pembelian impulsif atau dimediasi oleh
emosi positif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini pelanggan pada VansStore Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling aksidentaldengan sampel yang diperoleh sebanyak 100 orang. Teknik analisa yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis jalur (path analysis).
Hasil pengujian menunjukkan pengaruh motivasi belanja hedonis dan emosipositif masing – masing berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif.
Pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap emosi positif menunjukkan pengaruhyang signifikan. Kondisi ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belanja hedonisdapat berpengaruh langsung terhadap pembelian impulsif maupun berpengaruhtidak langsung dengan melewati emosi positif sebagai variabel interveningyangmempengaruhi pembelian impulsif. Hasil ini menunjukkan bahwa ketikaseseorang melakukan pembelian impulsif (proses terjadinya pembelian secara tiba– tiba, spontan, tidak direncanakan) bisa dipengaruhi oleh motivasi belanjahedonis (merasakan akan suasana termotivasi oleh kebutuhan psikologis dalamberbelanja) dan akan lebih kuat pengaruhnya bila ditambah dengan variabel emosipositif.
Kata Kunci : Motivasi Belanja Hedonis, Emosi Positif, Pembelian Impulsif
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain