Text
PENGARUH ATRIBUT PRODUK, HARGA, DAN KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK BLACKBERRY KE SAMSUNG
INTISARI
Kemajuan teknologi komunikasi yang semakin berkembang pesat
membuat konsumen sering berpindah merek handphone. Perpindahan merk
handphone tersebut dengan alasan mencari handphone yang memiliki fitur dan
aplikasi canggih sesuai dengan perkembangan trend. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh atribut produk, harga, dan keterlibatan konsumen
terhadap perpindahan merek Blackberry ke Samsung.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang
menggunakan Blackberry berpindah ke merk Samsung di kampus Sekolah Tinggi
Ilmu Ekonomi Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental
sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode regresi
linier berganda.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel atribut produk, harga, dan
keterlibatan konsumen berpengaruh signifikan dan positif terhadap perpindahan
merek. Berdasarkan nilai koefisien determinasi parsial variabel atribut produk
menjadi variabel yang berpengaruh dominan terhadap perpindahan merek. Hal ini
menunjukkan semakin baik atribut produk Samsung, maka akan semakin
meningkatkan pengaruh perpindahan merek dari Blackberry ke Samsung.
Kata Kunci : Atribut Produk, Harga , Keterlibatan Konsumen dan Perpindahan
Merek
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain