Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI AHASS Z618 SURYA AGUNG MOTOR BANGKALAN MADURA
INTISARI
Kondisi pertumbuhan bisnis jasa saat ini semakin maju dan ketat,
sehingga mengakibatkan persaingan dalam merebutkan pasar. Jasa bengkel saat
ini telah menjadi suatu bisnis yang berkembang dengan pesat. Maka dari itu
AHASS, tetap menjaga eksistensinya dengan menjadikan kepuasan pelanggan
sebagai tujuan utamanya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan,
harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di AHASS Z618 Surya Agung
Motor Bangkalan Madura. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
para pelanggan yang pernah melakukan servis di AHASS Z618 Surya Agung
Motor Bangkalan Madura dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang
dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Adapun
teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengaruh kualitas layanan, harga,
dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil ini mengindikasikan
model penelitian layak dilanjutkan pada analisa berikutnya. Hasil ini didukung
dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 65,3% yang menunjukan bahwa
korelasi atau hubungan antara variabel tersebut terhadap kepuasan pelanggan
memiliki hubungan erat. Hasil pengujian secara parsial menunjukan variabel yang
digunakan dalam penelitian yaitu kualitas layanan, harga, dan lokasi masingmasing
mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Harga, Lokasi dan Kepuasan Pelanggan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain