Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MANDI LIFEBUOY DI SURABAYA
INTISARI
Perkembangan dalam dunia bisnis yang semakin pesat membuat tingkat
persaingan semakin ketat, khususnya pada perusahaan sabun mandi. Saat ini ada
banyak sekali produk baru bermunculan, membuat konsumen lebih selektif dalam
memilih produk yang akan dibelinya. Lifebuoy merupakan merek sabun mandi
kesehatan yang dihasilkan oleh PT. Unilever. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi
dan promosi terhadap keputusan pembelian.
Sebagai sampel adalah konsumen yang membeli sabun mandi Lifebuoy di
Toko Onik dan Toko D’vita. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan
nonprobability sampling dengan jumlah sampel 98 orang. Teknik analisa data
yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji kelayakan
model variabel bebas memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
secara simultan. Hasil uji t secara parsial menunjukan bahwa variabel produk,
harga, lokasi dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan
pembelian.
Dari hasil pengujian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa
variabel yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel promosi, maka
perusahaan sabun mandi Lifebuoy untuk meningkatkan promosinya melalui
media visual, pemberian hadiah maupun dengan cara tatap muka.
Kata kunci: Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain