Text
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN SOTO AYAM LAMONGAN CAK HAR
INTISARI
Para pelaku bisnis dalam menciptakan keunggulan bersaing membutuhkan
strategi pemasaran yang tepat agar dapat memenangkan persaingan tersebut.
Experiential marketing dan kualitas produk merupakan alternatif untuk menguji
seberapa besar pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Soto Ayam
Lamongan Cak Har.
Sampel penelitian terdiri dari 100 pelanggan yang sedang maupun yang pernah
melakukan pembelian di Rumah Makan Soto Ayam Lamongan Cak Har dan dipilih
secara convenience sampling. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang diisi
oleh responden yang telah melakukan pembelian. Metoda statistik yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda yang tujuannya untuk
mengetahui besarnya koefisien regresi serta besarnya pengaruh experiential
marketing dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh experiential
marketing terhadap kepuasan pelanggan sebesar nilai t
hitung
5,453 dengan signifikansi
0,000. Karena signifikansi < 0,05 sehingga H
0
ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat
pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar nilai t
hitung
2,188
dengan signifikansi 0,031. Karena signifikansi < 0,05 sehingga H
0
ditolak dan Ha
diterima.
Kata kunci : Experiential marketing, kualitas produk, kepuasan pelanggan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain