Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT BEDAH SURABAYA
INTISARI
Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya
kesehatan bagi masyarakat, serta pesatnya perkembangan teknologi kedokteran,
hal ini menjadi tuntutan terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas agar dapat
memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Dalam pembangunan kesehatan di bidang
pelayanan yang langsung seperti rumah sakit, yang bertujuan untuk meningkatkan
mutu, cakupan dan efisiensi pelaksanaan rujukan medis dan rujukan kesehatan
secara terpadu serta meningkatkan dan memantapkan manajemen pelayanan
kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan,
harga, fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Bedah
Surabaya, serta untuk mengetahui manakah dari variabel kualitas layanan, harga
dan fasilitas yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pasien rawat inap
Rumah Sakit Bedah Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang sudah
menjalani rawat inap minimal 2 × 24 jam (2 hari), pasien dalam proses
penyembuhan, dapat berkomunikasi dengan baik, sudah diperbolehkan pulang,
pasien menempati semua kelas perawatan di Rumah Sakit Bedah Surabaya.
Penentuan sampel menggunakan Non Probability Sampling, Teknik analisis data
adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitianmenunjukkan bahwa semua variabel bebas yang terdiri
dari kualitas layanan, harga dan fasilitas masing-masing berpengaruh signifikan
secara parsial terhadap kepuasan, sedangkan variabel fasilitas berpengaruh
dominan terhadap kepuasan pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Bedah Surabaya
adalah terbukti kebenarannya. Hasil Penelitian ini mendukung pernyataan Kotler
& Keller (2006), Raharjani (2005), Yazid (2005:85), Hartanto (2005:501) yang
menyatakan apabila suatu perusahaan jasa mempunyai fasilitas yang memadai
sehinggga dapat memudahkan konsumen dalam menggunakan jasanya dan
membuat nyaman konsumen dalam menggunakan jasanya tersebut maka akan
dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian jasa.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Harga, Fasilitas, Kepuasan Konsumen
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain