Text
RISK – BASED AUDIT ATAS PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. UNITED MOTORS CENTRE)
Penjualan merupakan salah satu faktor yang ada agar dapat menghasilkan
keuntungan dalam berbisnis, semakin tinggi barang yang dijual maka semakin
banyak pula keuntungan yang dapat diperoleh dan semakin luas risikoyang dapat
terjadi.Dengan diadakannya audit atas penjualan, diharapkan dapat mengetahui
informasi yang bebas dari kecurangan, sehingga meningkatkan efisiensi dan
efektivitas penjualan perusahaan serta tercapainya tujuan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode Audit Berbasis
Risiko atas penjualan pada PT. United Motors Centre. Dengan audit berbasis
risiko, maka semakin besar risiko semakin besar perhatian yang harus diberikan
sehingga dapat meyakinkan bahwa kecukupan risiko pada sebuah perusahaan
dikelola sesuai dengan batasan risiko yang ditetapkan perusahaan. Metode dalam
penelitian ini adalah studi lapangan adapun teknik yang digunakan adalah
observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan inspeksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber risiko terletak pada adanya
ikatan yang lemah dari sebuah sistim dan prosedur (proses, sumber daya manusia,
atau pengendalian internal), lingkungan dan cara kerja yang tidak kondusif di
samping beberapa kebijakan perusahaan yang dinilai terlalu longgar dalam
menghadapi permasalahan yang muncul sangat berpotensi untuk mempengaruhi
keamanan aset perusahaan, keandalan laporan dan informasi yang terkait dengan
keuangan, serta efisiensi dan efektifitas fungsional dalam hal pemakaian sumber
daya perusahaan.
Kata kunci: audit berbasis risiko, penjualan, sumber risiko, potensi risiko
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain