Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PERSISTENSI LABA DAN LEVERAGETERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT
Laporan keuangan merupakan informasi yang digunakan investor dalam
mengambil keputusan investasi pada suatu perusahaan, salah satu informasi yang
menjadi pusat perhatian yaitu laba, karena laba yang diumumkan dapat
mencerminkan kinerja dari suatu perusahaan sehingga dapat mempengaruhi
permintaan akan saham. Earning Response Coefficient (ERC) merupakan
koefisien yang menunjukkan besarnya respon pasar terhadap laba yang
diumumkan oleh suatu perusahaan. Terkait dengan hal tersebut maka tujuan dari
penelitian adalah untuk mengetahui apakah variabel CSR, persistensi laba dan
leverage berpengaruh terhadap ERC.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 20112014.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian
Stock Exchange(www.idx.com) dan (www.finance.yahoo.com). Dengan demikian
sampel yang diperoleh adalah 30 perusahaan atau 120 firm years. Namun dari 120
objek observasi terdapat 48 data outlier, Sehingga penelitian ini menguji 72 data
observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Pengujian asumsi multikolinearitas menunjukkan tidak ada hubungan diantara
variabel-variabel independen sehingga multikolinearitas tidak terjadi dalam
penelitian ini. Pengujian asumsi heterokedastisitas menunjukkan bahwa tidak
terjadi permasalahan.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda menunjukkan
bahwa: (1) CSR tidak berpengaruh terhadap ERC yang menandakan bahwa
investor tidak menggunakan informasi CSR dalam membuat keputusan investasi.
(2) Persistensi laba tidak berpengaruh terhadap ERC.(3) Leverage berpengaruh
negatif terhadap ERC.
Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Persistensi Laba, Leverage, Earning
Response Coefficient.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain