Text
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Penelitian ini membahas pengaruh karakteristik perusahaan terhadap luas
pengungkapan corporate social responsibility. Karakteristik perusahaan terdiri dari
tipe industri, ukuran perusahaan, profitabilitas, kepemilikan saham publik,
kepemilikan saham asing, dan ukuran dewan komisaris. Ruang lingkup penelitian
ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan
dilakukan penelitian ini adalah untuk menguji, menganalisis dan membuktikan
pengaruh karakteristik perusahaan terhadap luas pengungkapan corporate social
responsibility.
Berdasarkan karakteristik permasalahan, penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2014. Penelitian ini
menggunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive
sampling dan diperoleh sebanyak 185 sampel perusahaan selama 5 tahun. Penelitian
ini menggunakan model analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, kepemilikan
saham asing berpengaruh terhadap luas pengungkapan corporate social
responsibility. Sedangkan tipe industri, profitabilitas, kepemilikan saham publik
dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan
corporate social responsibility.
Kata kunci: Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kepemilikan
Saham Publik, Kepemilikan Saham Asing, dan Ukuran Dewan
Komisaris.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain