Text
PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL UNTUK MENILAI KINERJA KARYAWAN BAGIAN PENJUALAN PADA PT KAMILINDO SEJAHTERA
Audit operasional karyawan pada bagian penjualan merupakan bagian dari
pengendalian internal yang mengaudit manajemen perusahaan. Hal yang penting
dalam pelaksanaan audit adalah menemukan masalah dan meyakinkan kepatuhan
(compliance) terhadap peraturan atau standar-standar yang berlaku di perusahaan
sehingga diharapkan perusahaan dapat mengontrol fungsi yang dimaksud secara
maksimal, dalam hal ini fungsi penjualan. Berdasarkan rumusan masalah yaitu
bagaimana penerapan audit operasional untuk menilai kinerja karyawan bagian
penjualan pada PT Kamilindo Sejahtera, maka dalam jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif melalui metode deskriptif. Berdasarkan kebijakan tersebut
yang dijabarkan pada Arahan Strategis Manajemen (ASM), masing-masing
divisi membuat program dan anggarannya untuk mengimplementasikan
strategi dan kebijakannya. Dari program tersebut dibuatlah prosedur dan
kemudian dilakukan evaluasi kinerjanya. PT Kamilindo Sejahtera
mengimplementasikan strategi dan kebijakannya pada rencana jangka pendek
satu tahun yang dituangkan pada Rencana Kegiatan dan Anggaran
Perusahaan (RKAP) yang disusun oleh masing-masing divisi. Penyusunan
tersebut didasari oleh Arahan Strategis Manajemen (ASM), yang merupakan
penjabaran strategi perusahaan. Idealnya, setiap inisiatif pada RKA harus
mengacu pada program jangka panjang, tema strategis dan ASM pada tahun
bersangkutan. ASM merupakan jembatan antara program kerja dengan RJPP.
Ini merupakan penjabaran dari kebijakan perusahaan. Pembangunan Infrastruktur
untuk mendukung peningkatan kinerja bisnis secara quantum leap melalui
strategic partnership dan swakelola. Kebijakan kontraksi dan konsolidasi
dilakukan untuk sustainable wealth creation. Memperoleh ikatan bisnis dengan
pasar pelanggan dimana menjadi pilihan mereka karena memberikan mereka
layanan bermutu tinggi dan dengan harga bersaing. Meningkatkan lingkungan
kerja yang inklusif dan terbuka bagi seluruh pegawai dan konsisten dengan
nilainilai fairness, peluang karir dan keamanan dan keselamatan kerja, dimana
setiap karyawan diberikan pengetahuan, tools, pelatihan, dan keberanian untuk
menjadi sukses; serta dimana setiap karyawan dikenal, diakui dan bangga akan
partisipasi mereka dalam melayani perusahaan dan
pelanggannya.Menghasilkan kinerja keuangan yang meyakinkan kelayakan
bisnis sebagai perusahaan dalam lingkungan pasar yang sangat bersaing dan
akan menghasilkan arus kas yang mampu mendanai investasi jangka panjang
di masa depan dengan menyediakan produk dan layanan yang kompetitif.
Kata-Kata Kunci: Audit Operasional, Kinerja Karyawan, Bagian Penjualan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain