Text
PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STIESIA) SURABAYA
INTISARI
Latar belakang penelitian ini karena perusahaan dapat mendayagunakan
elemen-elemen dari ekuitas merek yaitu adanya kesadaran merek, persepsi
kualitas, loyalitas merek, dan asosiasi merek yang berdampak pada keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semua mahasiswa aktif
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) yang menggunakan
handphone merek Samsung. Teknik pengambilan sampel menggunakan
accidental sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100
responden. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan metode regresi linier berganda.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas,
asosiasi merek, dan loyalitas merek memiliki pengaruh signifikan dan positif
terhadap keputusan pembelian. Semakin tinggi kesadaran merek, persepsi
kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek seseorang ketika membeli
handphone merek Samsung akan semakin meningkatkan keputusan pembelian.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa berdasarkan koefisien determinasi
parsial variabel loyalitas merek menjadi variabel yang berpengaruh dominan
terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas
Merek, dan Keputusan Pembelian
1SM150274 | M15/274 Dim p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain