Text
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA ”VIRGIN CAFE AND RESTO”
INTISARI
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui customer relationship marketing yang meliputi: kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan konflik secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan; (2) untuk mengetahui diantara variabel customer relationship marketing yang meliputi: kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan konflik, variabel mana yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah studi kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung dan melakukan pembelian pada Virgin Café and Resto yang jumlah tidak dapat ditentukan dengan jelas.Pemilihan sampel menggunakan teknik accidental samplingdengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis
dengan menggunakan SPSS versi21.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwacustomer relationship marketing yang terdiri atas kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan konflik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Virgin Café and Resto. Hal tersebut dapat diindikasikan dengan tingkat signifikansi masing-masing variabel tersebut tidak melebihi a = 5%. Dari hasil persamaan regresi maka variabel customer relationship marketing yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Virgin Café and Resto adalah komunikasi, hal ini disebabkan karena variabel komunikasi mempunyai nilai koefisien determinasi parsial paling besar jika dibandingkan dengan variabel kepercayaan, komitmen, dan penanganan konflik.
Kata-kata Kunci: Kepercayaan, Komitmen,Komunikasi, Penanganan Konflik, Kepuasan Pelanggan
1SM150283 | M15/283 Juw p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain