Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI KARTU PRABAYAR IM3 PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA
INTISARI
Tahap proses keputusan pembelian konsumen melakukan pembelian
berdasarkan pada kepuasan atau ketidak puasan mereka. Yang menentukan
pembeli puas atau tidak puas terhadap pembelian terletak pada hubungan antara
harapan konsumen dan kinerja produk yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan menguji pengaruh variabel produk, harga, saluran
distribusi, promosi, partisipan, lingkungan fisik, dan proses terhadap keputusan
pembelian kartu prabayar IM3 pada mahasiswa STIESIA Surabaya.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIESIA
Surabaya dengan jumlah sampel sebesar 110 responden. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk
menghitung besarnya koefisien regresi guna menunjukkan besarnya pengaruh
variabel produk, harga, saluran distribusi, promosi, partisipan, lingkungan fisik,
dan proses terhadap keputusan pembelian.
Hasil pengujian regresi linier berganda menunjukan bahwa produk,
promosi, lingkungan fisik dan proses berpengaruh positif terhadap keputusan
pembelian. Sedangkan harga, saluran distribusi dan partisipan berpengaruh negatif
terhadap keputusan pembelian kartu prabayar IM3 pada mahasiswa STIESIA
Surabaya. Sementara promosi adalah variabel yang berpengaruh dominan
terhadap keputusan pembelian kartu prabayar IM3 pada mahasiswa STIESIA
Surabaya.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran Jasa, Kartu Prabayar IM3 dan Keputusan
Pembelian.
1SM150284 | M15/284 Dya p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain