Text
PENGARUH HARGA, PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA IJEN CAFE N RESTO DI SURABAYA
INTISARI
Persaingan yang ketat dalam memperebutkan para pelanggan memberikan
motivasi bagi para pengusaha untuk tetap disiplin dalam menjalankan bisnis,
khusunya di bidang jasa penyedia makanan dan minuman, seperti Ijen Cafe N Resto yang bergerak dibidang jasa makanan dan minuman harus dapat memahami kebutuhan dan mengerti selera yang diinginkan oleh para pelanggan serta memperhatikan aspek harga, promosi, kualitas pelayanan dan lokasi, sehingga Ijen Cafe N Resto dapat memberikan kepuasan pelayanan dengan baik terhadap pelanggannya. Pelanggan membentuk harapan mereka berdasarkan pesan yang diterima dari penjual, orang lain, teman dan sumber informasi yang lain. Jika penjual meningkatkan suatu produk yang sangat berlebihan dan pelanggan tidak dapat merasakan kepuasan itu maka pelanggan akan mengalami harapan yang sia-sia. Semakin tinggi tingkat kesenjangan, harapan dan mutu semakin besar ketidakpuasan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi,
kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Ijen Cafe N Resto JL.
Arif Rahman Hakim Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan
yang berkunjung dan membeli produk yang ditawarkan oleh IjenCafe N Resto.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner terhadap responden yang
dijadikan sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisa yang digunakan adalah uji
validitas, uji reliabilitas, uji kelayakan model, uji asumsi klasik, uji regresi linier
berganda, dan uji signifikansi hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan harga, promosi, kualitas pelayanan, dan
lokasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Ijen Cafe N
Resto Jl. Arif Rahman Hakim Surabaya.
Kata kunci: Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan Pelanggan
1SM150292 | M15/292 Cat p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain