Text
PENGARUH DAYA TARIK KREDIBILITAS DAN KEAHLIAN ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA VARIO DI LINGKUNGAN KAMPUS STIESIA SURABAYA
INTISARI
Upaya mempengaruhi konsumen dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya dengan menjalin komunikasi dengan pasar melalui periklanan. Bentuk komunikasi yang lazim digunakan oleh perusahaan untuk menjalin komunikasi dengan konsumennya adalah melalui periklanan (advertising) sebagai salah satu unsur dari promosi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel daya tarik endorser, kredibilitas endorser, dan keahlian endorser terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah mahasiswa S1 STIESIA Surabaya yang menggunakan sepeda motor matic Honda Vario, dengan sampel yang digunakan sebanyak 50 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Adapun Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa daya tarik endorser, kredibilitas endorser, dan keahlian endorser berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kondisi ini menunjukkan variabel layak digunakan sebagai model penelitian. Hasil ini juga mencerminkan bahwa ketiga variabel tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Honda Vario. Hasil ini didukung dengan perolehan koefisien determinasi sebesar 47,7% menunjukkan kontribusi dari variabel bebas terhadap perubahan variabel terikat. Hasil pengujian secara parsial
menunjukkan variabel yang digunakan dalam model penelitian tersebut masing-masing mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci : Daya Tarik Endorser, Kredibilitas Endorser, Keahlian Endorser, Dan Keputusan Pembelian
1SM150299 | M15/299 Ikr p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain