Text
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Sanggar Senam Wanita Difana Bugar)
INTISARI
Tujuan penelitian ini untuk menguji pertalian, empati, timbal balik, dan
kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan
Sanggar Senam Wanita Difana Surabaya serta untuk menguji diantara pertalian,
empati, timbal balik dan kepercayaan berpengaruh dominan terhadap loyalitas
pelanggan Sanggar Senam Wanita Difana Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan
menggunakan metode kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh member Sanggar Senam Wanita Difana Surabaya yang mengikuti
pelatihan senam yoga, obesitas dan aerobic minimal 1 tahun sebanyak 50 orang.
Sedangkan sampel diambil sebanyak 50 orang dengan menggunakan teknik
pengambilan sampel jenuh Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis regresi linier berganda.
Berdasar hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pertalian,
empati, timbal balik, dan kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas pelanggan Sanggar Senam Wanita Difana Surabaya. Variabel
pertalian menunjukkan kontribusi yang lebih besar atau dominan terhadap
loyalitas pelanggan Sanggar Senam Wanita Difana Surabaya.
Kata kunci: Pemasaran relasional, pertalian, empati, timbal balik,
kepercayaan,dan loyalitas pelanggan.
1SM150301 | M15/301 Rev p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain