Text
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus di Showroom Maxim Housewares Grand City Mall Surabaya)
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian peralatan masak di Showroom Maxim
Housewares Grand City Mall Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan adanya
kenyataan di Maxim Housewares di Grand City Mall Surabaya dalam satu tahun
terakhir telah terjadi penurunan pada penjualan produk Maxim. Banyak hal yang
menjadi penyebab dari hal tersebut, salah satunya adalah penyediaan produk yang
kurang lengkap serta potongan harga yang jarang dilakukan, sehingga tingkat
pembelian konsumen akan semakin rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang sedang
melakukan pembelian di Showroom Maxim Housewares Grand City Mall
Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non
probability sampling tepatnya accidental sampling yaitu teknik pemilihan sampel
berdasarkan kebetulan, yaitu semua anggota populasi yang secara kebetulan
bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel dalam penelitian. Penentuan
jumlah sampel menggunakan rumus unknown populations dan didapatkan hasil sebesar 96 responden.
Hasil pengujian secara simultan dengan menggunakan uji F menunjukkan
bahwa model regresi linear berganda layak sebagai model penelitian. Selanjutnya
dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan dan
negatif terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas produk berpengaruh
signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya variabel
independen yang dominan terhadap keputusan pembelian adalah kualitas produk.
Sebaiknya produsen Maxim Housewares mencantumkan harga yang sama
untuk semua Showroom Maxim di seluruh Surabaya, dan untuk produk barang yang dijual diharapkan pula diberikan label yang jelas.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian
1SM150303 | M15/303 Ifu p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain