Text
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
INTISARI
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan
terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social
responsibility). Corporate Social Responsibility merupakan komitmen perusahaan
terhadap kepentingan para stakeholders dalam arti luas dari pada sekedar
kepentingan perusahaan saja. Pengungkapan CSR merupakan proses
pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi
organisasi terhadap kelompok khusus yang berkepentingan dan terhadap
masyarakat secara keseluruhan.
Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi ukuran
perusahaan (size), leverage, profitabilitas, tipe industri (profile), ukuran dewan
komisaris, dan kepemilikan manajemen. Variabel dependen dalam penelitian ini
adalah pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang diukur dengan 78
indikator pengukuran corporate social responsibility.Sampel penelitian ini adalah
perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun
2010-2013. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan
diperoleh 20 perusahaan yang menjadi sampel. Data yang digunakan adalah data
sekunder, berupa laporan tahunan (annual report) dan laporan keuangan
(financial report) perusahaan manufaktur. Teknik analisis data dilakukan dengan
uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis dengan metode
regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaantidak
berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility,
leveragetidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social
responsibility, profitabilitastidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate
social responsibility, tipe industri (profile)tidak berpengaruh terhadap
pengungkapan corporate social responsibility, dan kepemilikan manajemen tidak
berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.Sedangkan
ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap corporate social responsibility.
Kata Kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate
socialresponsibility), ukuran perusahaan (size), leverage,
profitabilitas, tipe industri (profile), ukuran dewan komisaris, dan
kepemilikan manajemen.
1SA150338 | A15/338 Okk p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain