Text
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya)
INTISARI
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional,
kecerdasan spiritual dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kausal
komparatif yang menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran
variabel-variabel penelitian dengan prosedur statistik. Populasi dalam penelitian
ini adalah mahasiswa S1 angkatan 2011, atau mahasiswa akuntansi tingkat akhir
yang telah menempuh 120 sistem kredit semester, metode pemilihan sampel
menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 218 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan
sebagai berikut: (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap
pemahaman akuntansi. Hal ini berarti dengan semakin baik penerapan kecerdasan
emosional maka pemahaman akuntansi juga akan meningkat; (2) Kecerdasan
spiritual berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi. Hal ini berarti
dengan semakin baik penerapan kecerdasan spiritual maka pemahaman akuntansi
juga akan meningkat; (3) Perilaku belajar berpengaruh positif terhadap
pemahaman akuntansi. Hal ini berarti dalam proses belajar diperlukan perilaku
belajar yang sesuai dengan tujuan pendidikan, dimana dengan perilaku belajar tersebut sesuai tujuan pendidikan yang dicapai secara efektif dan efisien, sehingga prestasi akademik dapat di tingkatkan.
Kata kunci: Kecerdasan emosional, Kecerdasan spiritual, Perilaku belajar dan
pemahaman akuntansi
1SA150353 | A15/353 Nur p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain