Text
IMPLEMENTASI STRATEGI DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DALAM MENGUKUR KINERJA MANAJEMEN (Studi Kasus PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Surabaya)
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi
strategi dengan menggunakan balanced scorecard untuk mengukur kinerja
manajemen pada suatu perusahaan sehingga selaras dengan visi dan misi yang ingin dicapai. Objek dalam penelitian ini adalah PT PELNI (Persero) cabang Surabaya. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif yang merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku yang diamati.
Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan belum menggunakan balanced
scorecard sebagai alat implementasi strategi dalam mengukur kinerja manajemen.
Selama ini perusahaan hanya menggunakan satu perspektif, yaitu perspektif
keuangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa balanced scorecard merupakan
metode yang menerjemahkan visi, misi, dan strategi ke dalam sasaran-sasaran strategi dan ukuran kinerja dalam empat perspektif, yaitu pada perspektif keuangan yang diukur dengan ROI, tingkat pertumbuhan laba, dan tingkat pertumbuhan pendapatan menunjukkan hasil yang kurang baik karena adanya penurunan pendapatan, pada perspektif pelanggan yang diukur dengan akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan survei kepuasan pelanggan menunjukkan hasil yang baik, pada perspektif proses bisnis internal yang diukur dengan fasilitas baru dan layanan yang diberikan setelah transaksi menunjukkan kapasitas perusahaan sebagai perusahaan yang baik, serta pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang diukur dengan retensi karyawan, survei kepuasan karyawan, dan pelatihan karyawan menunjukkan hasil yang baik. Untuk mengetahui hubungan antar perspektif dari masing-masing pengukuran dibuat peta strategi.
Dari hasil analisis tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa balanced
scorecard dapat digunakan sebagai alat implementasi strategi dalam mengukur kinerja manajemen dengan perspektif keuangan dan non-keuangan.
Kata kunci: Implementasi Strategi, Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja
Manajemen
1SA150366 | A15/366 Lio i c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain