Text
PENERAPAN KEBIJAKAN PENATAAN DAN SISTEM PEMUNGUTAN PAJAK REKLAME SEBAGAI SARANA PENUNJANG EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK REKLAME KOTA SURABAYA
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan penataan dan
pemungutan Pajak Reklame di Kota Surabaya, data yang digunakan pada
penelitian ini adalah data sekunder, objek penelitian ini adalah Dinas Pengelolaan
Keuangan Daerah (DPKD) Surabaya yang beralamat di Jl. Jaksa Agung Suprapto
No. 2 & 4 Surabaya, periode pengamatan yang dilakukan mulai tahun 2009–2014.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk wawancara
dengan petugas lapangan dan observasi.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan potensi pajak reklame di Kota
Surabaya dipandang sangat besar mengingat gairah usaha dan perdagangan yang
semakin meningkat. Hal tersebut dapat di dukung oleh perkembangan
perekonomian yang cukup meningkat di Kota Surabaya. Dinas pengelolaan
keuangan daerah (DPKD) Kota Surabaya, sebagai pengelola keuangan daerah, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan, baik yang datang dari dalam lingkungan, maupun dari luar dan hambatan Pemungutan Pajak yang terdiri dari perlawanan pasif dan perlawanan
aktif. Dari hasil analisis maka dapat diketahui banyaknya WP yang tidak patuh
untuk membayar pajak, dilihat dengan masih banyaknya reklame yang
menunggak pajak pada lokasi penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan simpulan
sebagai berikut: masih banyaknya WP yang tidak patuh untuk membayar pajak,
dilihat dengan masih banyaknya reklame yang menunggak pajak pada lokasi
penelitian, sosialisasi yang dilakukan oleh pihak DPKD dengan hanya dilakukan 1
tahun sekali, sosialisasi tersebut hanya membahas mengenai PAD yang didapat pada tahun sebelumnya, sehingga dirasa masih kurang untuk dapat memberikan informasi mengenai Pajak Reklame, dan pada soasialisasi tersebut masih banyak para WP yang tidak hadir, sehingga menyebabkan banyaknya WP yang tidak mengetahui informasi mengenai Pemungutan Pajak Reklame, dan tingkat efektivitas terhadap potensi realisasi penerimaan pajak reklame kurang optimal, karena dipengaruhi faktor-faktor hambatan berupa Tax avoidance (pembayaran dengan cara kredit), Tax evasion (membayar pajak reklame dibawah potensi semestinya).
Kata Kunci: Pajak Reklame, Kota Surabaya, dan Efektivitas
1SA150373 | A15/373 Dia p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain