Text
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA
INTISARI
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah basis teori tentang perlunya
sebuah perusahaan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat dan
lingkungan tempat beroperasi.Dimana CSR merupakan tanggungjawab moral
suatu perusahaan terhadap para stakeholder terutama komunitas atau masyarakat
disekitar wilayah kerja dan operasinya. Sebuah perusahaan harus menjunjung
tinggi moralitas. Tujuan dari penelitian ini menguji pengaruh leverage,
profitabilitas, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, kepemilikan
manajerial, dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan tanggungjawab
sosial perusahaan.
Populasi penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2010 sampai dengan 2013 yaitu sebesar 123 perusahaan. Ada 73 perusahaan yang dijadikan sampel dengan melalui teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil analisis menunjukkan leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh
signifikan terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan. Sedangkan
profitabilitas, ukuran dewan komisaris, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan
institusioanl tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial
perusahaan.
Kata Kunci: Leverage, profitabilitas perusahaan, ukuran perusahaan, ukuran
dewan komisaris, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan
institusional
1SA150377 | A15/377 Dev f c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain